Resep Puding Lumut Pandan Hijau, Enak Hemat, No Amis Telur!!!

Kali ini saatnya mencoba membuat puding lumut pandan hijau yang lagi ngetren dan populer banget di Medsos. Dari Instagram, Line, serta grup masakan di Facebook wara wiri muncul di timeline ku ya puding lumut ini. Aku jadi penasaran dan coba-coba browsing resep puding lumut yang enak tapi praktis buatnya.
Akhirnya ketemu juga resep puding lumut pandan hijau yang pas di lidahku. Rasanya enak, manisnya pas dan tentu saja tak terasa bau telurnya. Beneran enak banget puding lumut ini. Selain itu tampilannya juga cantik dengan warna lumut yang benar-benar seperti puding lumut asli. Untuk warna hijaunya aku pakai jus pandan bun, seperti cara membuat puding lumut pandan pada umumnya.
Kira-kira kita akan membutuhkan daun pandan sekitar 10-12 lembar untuk hasil warna hijau yang cantik dan rasanya yang pas. Sedangkan untuk bau amisnya aku tambahkan perasaan air lemon agar lebih segar. Dengan cara sederhana ini puding lumut santan telur pun tidak lagi berbau amis. Biasanya kan untuk menghilangkan bau amisnya tunggu puding dingin dan set terlebih dahulu baru baru amis telurnya hilang.
Kini dengan menggunakan sedikit perasaan air lemon, usir bau amis telur pun jadi mudah dan praktis. Agar warnanya hijau cantik, selain menggunakan pewarna hijau alami dari air daun pandan yang di jus. Bunda bisa tambahkan pasta pandan secukupnya, hasil akhirnya jadi berwarna hijau ngejreng dan cantik. Tapi tanpa pasta pandan pun menurutku sudah cukup cantik sih, ijo lumutnya bener-bener ngeprul di seluruh bagian agar-agar lumut.
Sebenarnya kreasi olahan resep puding lumut aroma daun pandan ini terinspirasi dari puding santan gula merah yang merupakan puding jadul dengan rasa yang manis dan gurih. Kebetulan beberapa waktu lalu kami sudah bagikan step by step proses pembuatannya. 
Cara membuat puding lumut sebenarnya sangat mudah dan praktis. Namun ada sedikit tips agar hasil lumutnya cantik dan mrewul bak lumut hijau sungguhan. Yaitu dengan cara menggunakan santan kental asli dari parutan buah kelapa tua, bukan memakai santan instan. Karena menurutku kalau pakai santan instan hasil lumutnya kurang bagus. Berbeda kalau bunda memakai air santan kental asli, sungguh hasilnya sangat cantik dan menarik.
Kreasi resep puding lumut memang banyak sekali ya bun. Karena ada juga yang membuat puding lumut dengan menggunakan susu sebagai lumutnya. Tapi menurutku hasilnya tak beda dari olahan puding susu. Rasanya kurang nendang dan hasil lumutnya jelek menurutku. Tapi apapun itu silahkan kreasikan sesuai selera saja ya bun. Tak ada batasan untuk berinovasi dengan puding lumut santan.
Saking kreastifnya bunda-bunda di rumah, kini muncul puding lumut merah yang katanya bernama puding lumut pantai merah. Aku liat cantik juga puding lumut merahnya. Untuk warna merahnya dalam resep tersebut menggunakan agar-agar swalow merah lalu di beri santan. Oke tak panjang lebar lagi ya, berikut kami bagikanBahan-bahan dan Cara Membuat Puding Lumut Panda Hijau seperti berikut ini.

Resep Puding Lumut Beserta Cara Membuatnya

Bahan-bahan Puding Lumut :

  • Agar-agar plain swalow 1 bungkus
  • Gula pasir 150 gram (jika kurang manis bisa ditambahkan sesuai selera)
  • Telur 1 butir
  • Santan kental 125 mili liter
  • Air 350 mili liter
  • Jus pandan 350 mili liter (dari 12 lembar daun pandan dan air, lalu saring)
  • Pasta pandan secukupnya (skip jika tidak suka)
  • Sejumput garam
  • Air perasaan lemon secukupnya

Langkah Membuat Puding Lumut Pandan Hijau :

  1. Pertama-tama kocok lepas telur lalu beri air perasaan lemon.
  2. Selanjutnya campur semua bahan, masak dengan api sedang sambil terus diaduk-aduk. Masak hingga berbuih, kemudian kecilkan api. Tunggu hingga santan pecah dan membentuk lumut dengan sendirinya. Matikan api.
  3. Setelah itu cetak adonan agar-agar lumut / puding lumut ke dalam cetakan puding yang sebelumnya sudah di bahasi air. Tunggu hingga uap panasnya hilang, lalu dinginkan ke dalam kulkas.
  4. Sajikan puding lumut homemade selagi dingin, Nyam!!
Bila ingin menjual puding lumut sebagai bisnis / usaha rumahan, bunda bisa menjajakannya di cup kecil atau gelas puding. Bunda bisa jual puding sekitar Rp 1000,- hingga Rp 2.000.-. Rasanya yang manis gurih pas untuk menu takjil buka puasa, jadi merupakan ide bisnis yang menjanjikan.
Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Puding Lumut Pandan Hijau, Enak Hemat, No Amis Telur! yang ngehitz ini di rumah.
semoga bermanfaat.
Sekian :)

[recepis.com]

Subscribe to receive free email updates: